Waduk Dharma

Kunjungi Cirebon Yu ! Jika anda melintas jalan antara Kuningan menuju Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka atau sebaliknya,  Anda tentu akan melewati sebuah danau besar di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Itulah danau besar yang lebih dikenal dengan sebutan Waduk Darma.

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di Desa Jagara, Kecamatan Darma dan berada pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas sekitar 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk.

Waduk DarmaBerjarak sekitar 12 km dari kota Kuningan atau sekitar 37 km dari Kota Cirebon, Anda akan disambut hamparan air danau yang menyejukan mata. Waduk ini selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga dapat dijadikan sarana wisata dan olahraga.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka yang harus diperhatikan adalah kondisi jalan yang berkelok menuju lokasi.  Berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan Anda, maklum sebagian besar jalan yang dilalui merupakan daerah pegunungan.

Sebagai tempat wisata, lokasi ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, antara lain lokasi bumi perkemahan, kolam renang, cottage dan kios kuliner yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman.

Sajian utama dan juga termasuk unggulan Waduk Darma tentu saja keindahan alamnya. Yang menjadi daya tarik, sebagian besar pengunjung ingin menikmati saat matahari tenggelam di ufuk barat. Dibarengi warna jingga menyala diantara riak air danau dan semilirnya angin sore, semakin menambah keindahan ketika matahari tenggelam di balik gunung untuk kembali menyapa keesokan harinya.

Yang perlu anda coba adalah mengarungi sekeliling danau dengan menggunakan perahu motor. Ada banyak tersedia perahu motor yang disewakan untuk menemani pengunjung ke tengah danau. Tarifnya pun bervariasi tergantung kelihaian anda bernegosiasi dengan pemilik perahu motor.

Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan. Kios penjaja makanan dan minuman berjejer diantara tepian danau. Anda boleh memilih makanan dan minuman apa saja sesuai selera.

Menurut penuturan beberapa pedagang, Waduk Darma dibuat sejak jaman penjajahan Belanda. Lokasi seluas 425 ha lahan menghasilkan air sebanyak 39 juta/m3 yang digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi pertanian sebagian besar wilayah Kuningan dan di sekitar Kota Cirebon.

Pasokan air di Waduk Darma berasal dari beberapa sungai kecil di sekitar Kabupaten Kuningan, seperti Sungai Cinangka dan Sungai Cisalak. Setelah terkumpul di Waduk Darma.

Itulah Waduk Darma. Selain sebagi lokasi wisata, juga bermanfaat untuk mengairi lahan pertanian dan perikanan. (Ir)

Foto : Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>