Saung Ambu Gallery

Kunjungi Cirebon yu !,  Kalau dari Cirebon turun dari Kereta Api biasanya setelah berkunjung ke wisata di Keraton, wisatawan menuju ke Kuningan. Kuningan adalah salah satu Kabupaten di Jawabarat yang bersebelahan dengan Kab.Cirebon. Udaranya wiiih dingin, seperti puncaknya Cirebon lah. Jika sudah berwisata di Kuningan seperti ; Linggarjati, Sangkanurip, Sidomba, Cibulan, Museum Purbakala Cipari, dan banyak lainnya, maka tentunya beli oleh-oleh khas Sunda Kuningan beli dimana ya ? Jawabnya SAUNG AMBU.

Saung Ambu 1

SAUNG AMBU adalah berasal dari kata dari Bahasa Sunda yang memiliki ” tempat berteduh nya Ibu “. Dicetuskan oleh Ambu Tisum yang berawal dari komunitas Kesundaan dan Komunitas Iket Kuningan. Dari situlah mulai tercetus untuk membuat Gallery Etnic Sunda.

Saung Ambu 2

 

Ide tersebut juga didukung dengan respon dari Pemerintah Regional, Nasional bahkan sudah di PERDA kan sebagai dorongan untuk menggunakan pakaian budaya lokal dan didorong sebagai identitas kebijakan kearifan lokal.

Saung Ambu 3

 

Berawal dari mengikuti pameran-pameran stand diacara-acara kesundaan yang sering diselenggarakan oleh pemerintah atau EO yang disponsori Swasta. Maka Saung Ambu mulai berkiprah baik Regional dan Nasional untuk memperkenalkan produk-produk Etnik Sunda. Saung Ambu 4 Saung Ambu 5 Saung Ambu 6 Saung Ambu 7 Saung Ambu 8 Saung Ambu 9 Saung Ambu 10 Saung Ambu 11 Saung Ambu 12

Jenis Produk sunda etnik seperti : Iket, Pangsi, Kaos Sunda, Kujang, Karinding, Kecapi, Wayang, Suling, Dog-dog, Angklung, Kerajinan Tangan, Akimpaido (Enggrang,  Sumpit, Jamparan, Bebeletokan, Gangsing, Kokolotokan, dll.

Menurut Sdr. Eka Febrian Nugraha anak dari Ambu Tisum ketertarikan ibunya terhadap dunia kesenian mungkin faktor genetik dari sang Kakek sebagai seorang Dalang, turun temurun ke anaknya, dan kemudian ke cucunya. Saat ini menurutnya telah memiliki 4 cabang toko etnik sunda Saung Ambu di Kab Kuningan yaitu :

1. Waterboom the Mountain

2. Desa Lengkong Kec, Garawangi

3. PJS (Pujasera) jl. Siliwangi

4. Jl. Raya Ciloa Keramat Mulya

Rencana kedepan tahun ini 2015 akan dibuka Cabang di beberapoa daerah seperti :

1. Bandung

2. Purwakarta

3. Karawang

Wah bener – bener beda dari gallery lainnya. Kalau ke Kuningan mampir ah ke sini . (ahrs)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>