Keraton Kanoman

Kunjungi Cirebon Yu !. Kalau tidak berkunjung keraton rasanya belum kumplit kalau berkunjung ke Cirebon. Di Cirebon sendiri memiliki 2 Keraton besar yaitu Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan. Belum ditambah lagi 2 keraton tambahan yang merupakan bagian dari Keraton Kanoman yaitu ; Keraton Kecirebonan dan Keraton Keprabonan.

Kraton Kanoman 11

 

Kraton Kanoman 3Ciri khas dari bangunan Keraton di Cirebon ini mirip dengan di bali selalu ada bangunan gada-gada , namun agak sedikit berbeda dari bentuknya saja.

Komplek Keraton yang ada di Keraton ini berada di kelilingi oleh rumah penduduk dan didepan Keraton terdapat Pasar Kanoman. Jadi untuk masuk ke Komplek Keraton Kanoman ini harus menembus Pasar terlebih dahulu.

Setelah masuk pasar Kanoman maka kita akn menemukan sebelah kanan ada bangunan Mesjid Kanoman yang diperuntukan masyarakat untuk beribadah pada saat masyarakat melaksanakan kegiatannya masing-masing di Pasar Kanoman.

Ada beberapa alasan kenapa Keraton Kanoman berada di balik Pasar Kanoman. Ini melihat dari sejarah bahwa Kerajaan ini berdiri yang dibangun oleh Pangeran Cakrabuana sebagai anak dari Prabusiliwangi memulai dengan cara membangun perekonomian terutama menjadi pusat perdagangan udang yang kecil-kecil atau sering dibilang Rebon dan biasa dipakai untuk membuat sambal Petis yang terkenal. Hal ini bisa dilihat Patilasan yang berada di depan bangunan Keraton yang dipagar dan berbentuk Dulang untuk menumbuk ikan Rebon.

Kraton Kanoman 2 Kraton Kanoman 1Dan seperti biasanya bangunan di wilayah Kerajaan Padjajaran (wilayah kerajaan sebelum kerajaan /Kesultanan Cirebon berdiri) selalu berdiri Pohon Beringin yang besar. Dan dibawahnya ada bangunan untuk para prajurit berintirahat.

 

 

 

 

 

 

 

Saat memasuki komplek bangunan Keraton terdapat suatu tempat bangunan ditengah dari lapangan , menurut informasi merupakan tempat memankan gamelan sebagai hiburan rakyat dan kerajaan/kesultanan.Kraton Kanoman 5 Kraton Kanoman 6 Kraton Kanoman 7 Kraton Kanoman 8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelah kanan dari lokasi tersebut terdapat Bangunan Gada-gada beserta Pintu Besarnya . Biasanya dipakai pada saat acara Panjang Jimat di komplek Keraton Kanoman. Masih banyak bangunan lain yang memiliki cerita sejarah yang unik, yu ke Cirebon dan kunjungi Keraton Kanoman. (ahrs)

Kraton Kanoman 10 Kraton Kanoman 14 Kraton Kanoman 15 Kraton Kanoman 16 Kraton Kanoman 17 Kraton Kanoman 18 Kraton Kanoman 19 Kraton Kanoman 20 Kraton Kanoman 21

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>