Gua Lalay

Goa Lalay - Maja Argalingga - Majalengka

Kunjungi Cirebon yu !. Potensi pariwisata Kabupaten Majalengka ternyata sangat luar biasa. Tidak hanya memiliki Situ Sangiang, Area Paralayang dan Taman Dinosaurus, Majalengka ternyata mempunyai Green Canyon seperti di Arizona Amerika Serikat dan Sungai Cijulang Pangandaran.

greencanyon

Gua Lalay yang terletak di Desa Sukadana Kecamatan Argapura sekitar 16 kilometer dari pusat kota Majalengka ini lebih mirip dengan “Green Canyon” yang ada di Pangandaran yakni jurang batu yang sangat besar dan panjang kurang lebih 1 kilometer yang dibawahnya mengalir air yang sangat jernih yakni aliran Sungai Cilongkrang.

Uniknya Green Canyon selain batu-batu yang mengapit sisi jurangnya berwarna hijau, awalnya ada air terjun yang dinamakan air terjun Pelangi.

“Dinamakan air terjun pelangi karena apabila tersorot cahaya matahari airnya berwarna-warni seperti pelangi,” kata Yayat (25) warga setempat, Rabu (15/10/2014).

Yayat mengatakan di Desa Sukadana selain terdapat air terjun dan “Green Canyon” juga terdapat gua kelelawar yang cukup banyak dikunjungi oleh pengunjung.

“Mereka baru tahu setelah ramai di twitter dan facebook, kebanyakan pengunjung anak muda dan mahasiswa,” jelasnya.

Sementara warga lainnya Een (48) mengatakan pengunjung ke “Green Canyon” selalu ada setiap hari baik dari dalam kota maupun dari luar kota.

“Kemarin baru saja datang rombongan dari Cirebon dan Indramayu, setiap hari tidak pernah sepi selalu ada ,” jelasnya.

Namun sayang areal wisata yang sangat indah dan potensial ini belum ada sentuhan atau pengelolaan dari pemerintah daerah.

Bahkan tidak ada retribusi sepeser pun kepada pengunjung yang datang, bahkan jalan untuk mencapai “Green Canyon” sangat curam dan terjal hanya jalan setapak di pinggir tebing yang curam yang hanya disediakan tangga dari bambu yang sangat membahayakan pengunjung.

Untuk mencapai lokasi “Green Canyon” ini pengunjung bisa naik angkuta umum Elf dan turun di terminal Maja dan melanjutkan dengan naik angkutan pedesaan atau ojek menuju arah Argalingga.

Tarif Elf dari terminal Majalengka ke terminal Maja Rp. 3.000, sedangkan tarif angdes atau mobil bak pengangkut sayuran antara Rp. 3000-Rp. 5.000 sedangkan apabila naik ojeg akan diminta ongkos Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>