Gedong Gincu

Kunjungi Cirebon Yu !  Membicarakan mangga gedong gincu, yang akan terbayang tentu saja rasanya yang asam manis, tekstur dagingnya yang berserat, bentuknya yang bulat dan warna kulitnya yang kemerah-merahan layaknya wanita berdandan menor dan genit. Mangga yang banyak tumbuh di Kab. Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan ini, kini menjadi salah satu primadona petani untuk dibudidayakan.

Gedong gincuInilah kesan pertama ketika menikmati mangga yang konon bibitnya dibawa ke Cirebon oleh pedagang asal Gujarat-India itu. Bagi penikmat mangga mania, nama gedong gincu tampaknya bukan lagi nama asing dalam daftar referensi penkmat buah-buahan.

Budi daya penanaman mangga gedong gincu makin berkembang di kalangan petani di Kabupaten Cirebon, Indramayu dan Majalengka. Beberapa petani mangga gedong gincu di Kecamatan Sedong dan Kecamatan Kedungdawa Kabupaten Cirebon menyebutkan, kegairahan petani terpacu karena mangga ini sudah memiliki pasar ekspor.

Saat ini, popularitas mangga gedong gincu semakin meningkat  Penggemarnya tidak lagi sebatas masyarakat  lokal Indonesia, tetapi sudah diminati masyarakat internasional. Diantara beberapa negara yang telah menikmati segarnya mangga gedong gincu ini adalah Singapura,  beberapa egara di Timur Tengah, Korea dan Jepang.

Sejak 2001 Kabupaten Cirebon  telah mengembangan penanam sekitar  1.000 hektar lahan untuk tanaman gedong gincu. Lahan seluas itu tersebar di sejumlah lokasi yang memang dinilai cocok untuk budidaya gedong gincu, seperti di Kec. Sedong, Beber, Greged, Talun, dan Dukupuntang.

Peluang pasar luar negeri sangat menggiurkan dengan permintaan yang terus meningkat, membuat beberapa petani dan pengepul gedong gincu kewalahan. Di sisi lain, kendala faktor cuaca dan teknologi tanaman menambah daftar panjang di lapangan.

Pohon gedong gincuWalapun demikian, beberapa petani masih optimis bisnis gedong gincu akan semakin meningkat. Apalagi pihak Pemda Cirebon sudah menyediakan lahan untuk pemberdayaan tanaman mangga gedong gincu, maka kekhawatiran kurangnya stok mangga akan teratasi.

Harapan ke depan,  mangga yang berdandan menor ini akan mendunia dan menjadi primadona ekspor Kabupaten Cirebon agar segera terwujud. (Ir)

Foto : Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>