Docang

Docang adalah kuliner khas Cirebon yang bisa dikatakan paling unik. Unik dari segi latar belakang sejarahnya, unik dari bahan pembuatannya, juga unik dari segi rasanya. Dari sisi sejarahnya, nampaknya ada dua versi sejarah mengenai Docang ini.

docang

Versi pertama, konon Docang pada awalnya digunakan salah seorang Pangeran untuk meracuni para Wali, namun ternyata tidak berdampak apa-apa dan justru menjadi makanan kesukaan para Wali. Versi lainnya menyebutkan bahwa pada awalnya, Docang berasal dari sisa makanan para Wali yang tidak habis dan kemudian sengaja diolah lagi, yang kemudian menjadi kuliner baru, yaitu Docang.

Bagaimanapun sejarahnya, Docang sudah menjadi kuliner khas Cirebon yang paling unik. Docang berisi lontong, daun singkong, tauge, parutan kelapa, krupuk, serta kuah unik yang terbuat dari dage dalam bahasa Cirebon, atau oncom dalam kosa kata Sunda.

Kuah inilah yang membuat Docang bercita rasa begitu khas dan unik. Bagi para penggemarnya, docang biasa disantap di pagi hari, bisa juga di malam hari. Di kota Cirebon, ada penjual Docang yang sangat terkenal hingga saat ini, yaitu:

– Docang Siliwangi

– Docang Kesambi

– Docang Pak Kumis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>