Curug Si Domba

Kunjungi Cirebon Yuk !  Bagi Anda yang menyukai wisata adventure atau hanya sekedar melepas kepenatan dari rutinitas kerja, cobalah berkunjung ke Curug Si Domba. Lokasi wisata yang terletak di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, ini sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga.

Objek wisata yang terletak di kaki Gunung Ciremai ini, berjarak tempuh 20 km dari Kota Cirebon atau 30 menit dari kota Kuningan. Jika dari arah kota Cirebon menuju Kuningan dengan mengambil arah ke kanan di tiga jalur alternatif, yaitu di Prapatan Bandorasa Wetan, Balai Desa Manis Lor atau Balai Desa Manis Kidul lewat Desa Sembawa dan Desa Peusing.dapat ditempuh sekitar 20 km atau 1 jam ke arah selatan dari Cirebon, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau motor.

curug si dombaBagi yang menggunakan angkutan umum, dari arah kota Cirebon naik kendaraan umum sejenis elf/bus ke jurusan Kuningan, berhenti di Desa Manis Lor dan dilanjutkan naik angkutan roda dua.  Jika dari arah kota Tasikmalaya atau Cikijing naik kendaraan elf/bus jurusan Cirebon lewat terminal Cirendang, berhenti di Desa Manis Lor dan dilanjutkan naik angkutan roda dua.

Setiba di pintu masuk perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 300 m melewati jalan tangga yang bersemen dengan pegangan disisinya.  Kondisi jalan tangga ini menurun cukup curam.

Harga tiket masuk adalah Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak, sedangkan tiket parkir Rp 1.500 untuk kendaraan roda empat dan Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua.

Air terjun Curug Si Domba dengan ketinggian 3 m mengalirkan air jernih dan segar yang bersumber dari mata air Gunung Ciremai.

Selain memiliki air terjun yang eksotik, juga terdapat kolam berisi berbagai jenis ikan, seperti ikan mas dan ikan kancra bodas. Menurut warga setempat, khususnya ikan kancra bodas tidak bisa ditangkap dan dilarang keras untuk dipancing serta diberi makan. Bahkan ketika air kolam dikuras, ikan tersebut malah menghilang alias raib entah ke mana. Benar-benar ikan misterius.

Di lokasi yang berudara dingin dan segar ini juga dilengkapi fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti camping ground, sarana olahraga, sarana bermain dan beberapa saung untuk bersantai.

Soal kuliner Anda tidak usah khawatir. Banyak aneka kuliner khas Kuningan dan Cirebon yang terjaja di sana tentunya harga yang murah dan lezat.

Anda penasaran? Tunggu apalagi, berkemas dan bersiaplah berangkat ke lokasi wisata air terjun yang sejuk nan eksotik. (Ir).

Foto : Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>