Cagar Budaya Pedati Gede Patilasan Cakrabuana anak Prabusiliwangi

Kunjungi Cirebon Yu !. Cirebon, tempatnya memang tidak banyak orang tahu kalau di Pekalangan Selatan Kota Cirebon ini ada sebuah benda Cagar Budaya yang bersejarah terkait berdirinya Kesultanan Pakungwati yang merupakan cikal bakal Kesultanan di Cirebon seperti sekarang ini. Cagar Budaya ini adalah Kereta  Pedati yang konon ditarik oleh Kerbau Bule ditumpangi Pangeran Cakrabuana yang merupakan anak pertama dari Raja Pajajaran Sri Baduga Maharaja Prabusiliwangi. Pedati ini ditarik untuk penyebaran Agama Islam sepanjang Pantai Laut Utara sampai berakhir di Pelabuan Muara Jati. Pedati ini juga dulu dipakai untuk mengangkut bahan-bahan material untuk membangun Mesjid Cipta Rasa yang sekarang berada di depan Keraton Kesepuhan.

Pedati Gede 3

Pedati Gede ini dibuat pada tahu 1371 atau 644 tahun yang lalu oleh Pangeran Cakrabuana atau yang disebut dengan Kuwu Sangkan atau Mbah Kuwu. Karena terlihat sangat tua maka sangat terlihat kayu jati Pedati ini berwarna hitam dan terlihat sangat tua. Kemegahan Kereta / Pedati ini masih tetep terlihat memancarkan keagungan di pembuatnya.

Ibu Iin sebagi ketua RW 5 di pekalangan ini melihat ii adalah sebuah peluang dalam rangka membangun Kampung wisata , dimana Pedati Gede ini harusnya bisa menjadi keunggulan dan kekuatan dalam membangun masyarakat secara keekonomian Rakyat.

Pedati gede 2

Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat ini sudah berjalan yaitu telah dibangun taman dan rumah pintar . Rumah Pintra ini akan dipergunakan untuk tempat mendapatkan pelatihan-pelatihan dan kegiatan kesenian yang dapat melatih masyarakat untuk bisa mempersiapkan masyarakat membangun Kampung Wisata di RW5 Pekalangan Selatan.

Pedati gede1 Pedati Gede Pedati gede 4

Pedati Gede3

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>