Menikamti Kesegaran Es Doger di Siang Hari

CIREBON – Es Doger. Nama minuman menyegarkan tenggorakan itu mungkin pernah didengar, bahkan permah pula menikmatinya. Es doger paling nikmat diminum dalam cuaca panas. Rasa nikmatnya membuat lidah tak bosan berhenti bergoyang.
Berbicara es doger, agaknya, hanya sebagian orang tahu asal muasal minuman yang terdiri dari es serut, roti, tape, ketan hitam, susu, campolay dan pacar ini.
Menurut Sanusi, seorang pedagang es doger yang biasa mangkal di Jembatan Merah, Jalan Pangeran Cakrabuana, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, es doger itu berasal dari Cirebon.
Semula, lanjutnya, es doger dijual dengan menggunakan pikulan. “Saat itu dikenal dengan nama es serut,” ujar Sanusi.
Tetapi, imbuh pria yang telah menjual es doger selama sembilan tahun ini, sebagian pedagang mulai menggunakan gerobak. “Makanya berubah menjadi es doger alias es dorong gerobak,” ucapnya.
Pada perkembangan kemudian, ucap Sanusi, karena perubahan dari es serut menjadi es doger maka sebagian pedagang mulai menambah beberapa bahan seperti roti, pacar, susu, tape dan ketan hitam.
“Es doger yang ada sekarang merupakan varian baru dari es serut. Kalau es serut hanya berbahan es yang telah diserut ditambah gula, santan dan irisan kelapan muda,” katanya.
Bahkan, kata Sanusi, di beberapa tempat di luar Cirebon, es serut ini hanya ditambah bahan dari buah-buahan seperti alpuket, nangka dan kelapa muda. “Es doger ini merupakan variasi terbaru dari es doger,” jelasnya.
Sejak pertama kali ia berdagang, waktu favorit para pembeli es doger biasa pada pukul 10.00 hingga pukul 16.00 WIB. “Pada jam-jam itu kan cuaca di Cirebon lagi panas-panasnya, sehingga pembeli merasa saat itulah cocoknya mereka membeli es doger,” ujar Sanusi.
Tidak sekedar katanya, memang. Saat titimangsa mencoba segelas es doger saat matahari persis tengah kepala, rasanya memang luar biasa. Rasa manis dari es serut dan campolay, beradu rasa tape dengan ketan hitam dan roti, nikmatnya sangat terasa di kerongkongan.
Tidak hanya sekedar menghilangkan rasa haus, es doger mampu membuat ‘amnesia’ sebelum es doger dalam gelas berpindah ke perut. Rasanya yang memaksa titimangsa harus kembali memesan lagi.
Bagi pembeli es doger tak perlu kuatir sebab harganya murah, bahkan sangat murah. Untuk ukuran gelas plastik kecil, pembeli hanya perlu merogoh duit Rp 2.500 saja. Sementara gelas plastik ukuran sedang Rp 5 ribu dan gelas kaca besar cuma Rp 7 ribu. (Irwan Gunawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>