Menanti Kemeriahan Wisata Pantai Cirebon Waterland

Mengunjungi Waterland Ade Irma Suryani bagai menapaki dunia baru. Pasalnya,  lahan yang dulu dikenal sebagai Taman Ade Irma Suryani ini telah disulap menjadi lokasi wisata pantai terlengkap di Kota Cirebon Jawa Barat. Di lahan seluas 2,7 hektar itu berbagai sarana wisata pantai tengah dibangun dan diperkirakan pada 16 Desember 2015 selesai tahap pembangunannya.

Berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon, Waterland merupakan satu-satunya wahana bermain di Kota Cirebon. Beberapa fasilitas wisata yang sudah rampung seperti kolam Lagoon dan kolam Olimpik sudah ramai dikunjungi wisatawan.cirebon-waterland

Rata-rata jumlah pengunjung di hari biasa mencapai 200 orang sementara pada akhir pekan jumlah pengunjung meningkat hingga 1.500 orang. Pencapaian jumlah pengunjung tersebut memang luar biasa. Padahal sarana dan fasilitas yang ada di lokasi Waterland baru 80% tahap penyelesaian.

Sebelum memasuki arena wisata, pengunjung harus merogoh kocek Rp. 20 ribu untuk membeli tiket masuk. Pihak pengelola Waterland membuka 3 loket untuk melayanai pengunjung membeli tiket. Bila pengunjung ingin masuk wahana bermain seperti kolam Lagoon, maka pengunjung kembali harus membeli tiket sebesar Rp. 30 ribu. Harga tiket itu berlaku untuk semua umur dan tanpa ada batasan waktu berkunjung.images cirebon-waterland_20150802_202400

Sementara bagi yang tidak memasuki wahana bermain, pengunjung bisa duduk-duduk di taman yang teduh di sekitar lokasi sambil melihat keindahan laut dari kejauhan. Sayangnya, musim kemarau panjang tahun ini di Cirebon membuat air laut kian surut dan mengurangi keindahan laut pantai utara.

Beberapa fasilitas wisata yang disediakan Waterland berupa kolam lagoon, kolam olimpic, waterboom, food court, restoran. mini coster dan cottage. Diantara fasilitas tersebut yang sudah berfungsi dan dapat digunakan baru lagoon, kolam olimpic dan food court. Sedangkan fasilitas lainnta hampir rampung dan diharappkan pada perayaan akhir tahun, fasilitas itu bisa dinikmati.

Kolam Lagoon dan kolam Olimpic memang disiapkan untuk wisata air anak-anak. Di lokasi itu dilengkapi dengan ember tumpah yang sangat disukai anak-anak. Ditemani orangtuanya, mereka bebas beranang di sekitar kolam. Keceriaan anak-anak tampak ketika ember di atas menumpahkan air. Mereka saling berebut agar tumpahan air menyirami tubuh mereka.

Beberapa patung ikan laut dan air terjun buatan menghiasi di sekeliling kolam. Di pinggir kolam disediakan tenda berbentuk bulat yang sangat berguna bagi orang tua unuk menjaga dan menemani sang buah hati bermain di kolam.

Waterland juga menyediakan food court yang terletak di samping kanan pintu masuk. Dikelilingi kali buatan ditambah semilir angin laut membuat lokasi food court makin romantis. Di sana pengunjung dapat memesan dan menikmati makanan serta minuman.

Food court menyediakan berbagai menu makanan modern dan tradisional, minuman dan ice cream. Foof court yang berdesign bulat ini memudahkan pengunjung dapat melihat sekitar lokasi dari arah mana saja.

Yang paling menarik adalah fasilitas restoran yang berbentuk kapal air. Walaupun belum selesai namun tampaknya lokasi ini akan menjadi primadona kunjungan wisatawan. Restoran kapal air ini terdiri dari 3 lantai. Di lantai mana pun pengunjung duduk dan menikmati menu makanan, akan terlihat jelas laut lepas di depan mata.cirebon waterland 2 (1) cirebon water land

Tidak jauh dari restoran kapal air, terdapat jejeran cottage berkontruksi kayu. Waterland sedikitnya menyediakan 40 cottage yang berdiri di atas genangan air laut. Ada 3 tipe yang ditawarkan Waterland bagi pengunjung yang mau mecoba menginap dengan nuansa baru.

Pertama tipe cottage yang menghadap kolam bermain dan cottage yang menghadap laut. Cottage berkamar satu ini ditawarkan antara Rp. 1,5 juta hingga Rp. 1,7 juta per malam. Sedangkan cottage family yang terdiri 3 kamar ditawarkan Rp. 2,5 juta per malam.

Kelebihan cottage ini adalah vieuwnya yang langsung menghadap laut. Sebagai kota pantai, cottage ini merupakan satu-satunya cottage di Kota Cirebon yang berada di bibir laut.

Fasilitas lainnya yang dalam tahap penyelesaian adalah weterboom dan mini coster. Lokasi waterboon terdapat di belakang foodcourt. Sementara mini coster berlokasi di depan food court. Antar lokasi wahana bermain memang saling berdekatan. Kondisi ini sangat memudahkan pengunjung untuk memilih wahana bermain mana yang akan dicoba.

Sebagai fasilitas tambahan yang tak kalah pentingnya adalah soal lahan parkir. Wateland   menyediakan lahar parker yang mampu menampung hingga 3 ribu kendaraan, yang terdiri dari kendaraan roda empat dan roda dua. Di lokasi parkir akan dijaga petugas keamanan (security) sehingga pengunjung tidak kuatir kehilangan kendaraan. (Irwan Gunawan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>