Sosialiasai Tindakan Pengamanan Perdagangan (Safe Guards)

Cirebon (12 November 2015). Kementerian Perdagangan RI Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) bekerjasama dengan APINDO (Asosisasi Pengusaha Indonesia Kota Cirebon) menyelenggarakan Sosialisasi Tindakan Pengamanan Perdagangan (Safe Guards) yang diselenggarakan di Hotel Santika.

Dengan meningkatnya persaingan produk dalam negeri dengan barang impor di pasar domestik Indonesia sesuai proses Liberalisasi Perdagangan yang terus bergulir sebagai hasil kesepakatan-kesepakatan perdagangan bebas. Hal ini tentunya akan membawa dampak yang positif maupun negatif terhadap produsen dalam negeri suatu negara.

Dampak Positif nya adalah kita bisa memperluas pasar produk kita ke berbagai negara didunia. Yang paling dekat adalah adanya kesepakatan wilayah perekonomian di asean atau disebut dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Dampak Negatifnya adalah bagi perusahaan yang belum siap akan terlibas produk-produk asing yang membanjiri pasar, jadi pesaing kita tidak hanya dalam negeri tetapi produk asal dari Luar Negeri pun menjadi perhitungan.

Walaupun demikian WTO mengizinkan negara anggotanya untuk melindungi produsen dalam negeri dari dampak negatif pasar bebas berupa tindakan pengamanan perdagangan (safeguards) yang dapat digunakan produsen dalam negerinya yang mengalami kerugian serius atau ancaman kerugian serius sebagai akibat dari lonjakan barang impor sejenis atau yang secara langsung bersaing.

Tindakan Pengamanan Perdagangan (Safeguards) dapat diberikan kepada semua produk yang dihasilkan oleh produsen dalam negeri baik sektor pertanian, industri, kelautan & perikanan , perkebunan , dan peternakan.

Mudah-mudahan adanya Safeguards ini bisa menjadi pelindung perekonomian kita bersama dalam menghadapi perekonomian masa depan.

Cirebon Utara-20151112-02823 Cirebon Utara-20151112-02822

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>