Menikmati Mie Koclok di Pinggiran Lawanggada

Mie koclok3.bmpBila anda berkunjung ke Kota Cirebon, cobalah nikmati mie koclok. Rasa makanan khas Cirebon ini memang terasa sangat memanjakan lidah. Kelezatan dan kegurihannya sudah terasa saat ini saat santapan pertama masuk ke mulut.

Dari sekian banyak tempat mie koclok di Kota Cirebon, mie koclok Mas Edy tampaknya yang banyak dikunjungi. Mie koclok yang berlokasi di Jl. Lawanggada ini memang termasuk salah satu penjual mie koclok legendaris. Rumah makan ini buka dari pukul 05.00 -24.00 WIB.

Mengawali usaha sejak 1945 hingga generasi ketiga saat ini, baik aroma, rasa dan tampilannya tidak berubah. Inilah agaknya yang membuat pengunjung penasaran untuk menikmatinya.

“Kami memang mempertahankan resep khusus dari neneknya bapak, untuk menjaga kualitas mi koclok,” kata Edi Supriadi saat gotocirebon.com mengicip-icip makanan mie bersantan ini.

Menurut pewaris tahta generasi ketriga ini, ketertarkan konsumen karena faktor legenda dan rasa yang tidajk berubah. “Kami memang mempertahankan resep khusus dari neneknya bapak, untuk menjaga kualitas mi koclok,” kata Edi Supriadi.

Mie koclok2.bmpNama mie koclok tampak unik. Bahkan hanya sebagian kecil warga Cirebon yang mengetahui apa arti nama itu. Menurut Edi, nama itu sebenarnya merupakan nama singkatan. “Kepanjangan dari Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih OKey.” jelasnya.

Terlepas dari itu semua, kelezatan mie koclok memang sangat memanjakan lidah. Hidangan khas Cirebon ini terdiri dari mie basah yang disiram dengan seduhan kaldu ayam, adonan tepung terigu maizena, garam, merica dan santan kental. Dilengkapi dengan irisan daun bawang, irisan kol, tauge, irisan telur rebus, taburan bawang goreng, dan suwiran ayam goreng.

Makin melengkapi kelezatan, mi koclok dilengkapi sambal, kecap, dan emping goreng yang kriuk. Untuk menikmati salah satu warisan kuliner Nusantara yang legendaris ini, Anda cukup merogoh kocek Rp10 ribu per porsi. Dengan harga yang terjangkau ini, sehari mi koclok bisa terjual 100 porsi.

Selain di Lawanggada, beberapa lokasi mie koclok banyak bertebaran di sudut Kota Cirebon. Diantaranya yang juga terkenal adalah mie koclok Panjunan yang terletak di Jl. Panjunan Kota Cirebon.

Bagi anda yang belum menikmati kelezatan mie koclok, silahkan coba untuk menambah referensi kuliner anda. (Ir)

Foto : Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>