Empuknya Tahu Kuningan

Kunjungi Cirebon Yuk! Tak lengkap rasanya kalau anda berkunjung ke Kuningan tidak merasakan empuknya tahu Kuningan. Selain dikenal sebagai sentra pertanian dan wisata, Kuningan juga dikenal sebagai pusat berbagai macam kuliner.  Salah satunya yang diburu wisatawan adalah tahu.

tahu kuningan Diantara sentra prduksi tahu yang terkenal adalah produksi tahun Koperasi Pemuda Cikentrungan (Kopeci). Tepatnya di Blok Cikentrungan atau sering juga disebut Blok Lamping, Lingkungan Pasapen 3, Kuningan kota.

Tidak hanya di satu kios, kios-kios lainnya berderet di tepi ruas jalan provinsi penghubung Kuningan – Ciamis, yang selama ini lebih fokus memasok tahu kepada para pedagang pasar tradisional pun, dalam beberapa hari terakhir juga sering kali turut dijubeli pembeli.

Empuknya Tahu Kopeci, memang bisa bikin lidah bergoyang. Pasalnya tahu Kopeci khas Kuningan memiliki isi yang lebih banyak (padat) dibanding jenis tahu serupa misalnya tahu khas Sumedang yang tidak memiliki isi.

Tahu kopeci ini dijual dengan harga Rp.500 per buah, dan kalau beli dengan jumlah yang banyak tahu kopeci akan dibungkus denngan tempat khusus yang terbuat dari anyaman bambu. Selain tahu, sebagai pelengkap para pedagang juga menyedia lontong dan susu kedelai, yang akan membuat santap tahu khas Kuningan ini kian nikmat.

Gigitan pertama terasa renyah dan ranum diluar, gigitan kedua terasa gurih  dan lembut memberikan sensasi hangat dan enak di mulut. Gigitan selanjutnya, tak mau berhenti.

Tak hanya tahu Kopeci, bila anda melanjutkan perjalanan menuju arah Cirebon maka anda akan banyak menjumpai jejeran rumah makan bermenu utama tahu. Yang lebih menarik, ada beberapa rumah makan yang mengkombinasikan tahu dengan susu sapi. Sehingga munculah varian baru yang bernama tahu susu.

Rasanya lebihtahu kuningan.2 gurih dengan rasa susu sangat terasa di lidah. Disantap dalam kondisi masih panas akan menambah kelezatan makanan yang berbahan baku kacang kedelai ini.

Kedai-kedai yang menjual Tahu Kuningan ini cukup ramai oleh pembeli terutama pada masa liburan lebaran, liburan sekolah atau liburan nasional. Bahkan pembeli yang sebagian besar berasal dari luar kota ini kadang sampai memacetkan jalanan karena banyaknya mobil yang terparkir rapi di bahu jalan yang tidak terlalu lebar ini.

Terus, apa bedanya dengan tahu Sumedang? Agaknya ada perbedaan yang cukup signifikan. Bila kita bandingkan dengan tahu Sumedang, secara tampilan hampir sama, jika tahu Sumedang warnanya agak coklat, sedangkan tahu Kuningan lebih muda dan tekstur kulit luarnya tidak segaring Tahu Sumedang. Kalo dari rasa dan tekstur dalam, tahu Kuningan lebih gurih dan padat namun lembut.  Sementara tahu Sumedang lebih ringan tekstur dan rasanya.

Anda ingin mencoba? Silahkan langkahkan kaki anda ke kota yang terletak di lerang Gunung Ciremai ini. Selamat bernyam-nyam ria. (Ir)

Foto-foto : Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>